Halaman

Jumat, 19 April 2013

Ibnu Battutah Sang Penjelajah Islam Mengalahkan Colombus


tentang Ibnu Batutah ini sebenarnya prnah dibahas di acara Khazanah trans7

sekalian share bagi2 ilmu, buat yang belum nonton atau yg mu baca lagi, he... mudah2an bermanfaat ^_^

Berbagai orang di zaman sekarang mungkin terdengar agak asing tentang Ibnu battutah, akan tetapi 100 tahun sebelum Colombus lahir Ibnu Battuta sudah memulai perjalanan hebatnya, bahkan nama beliau sangat "buuming" sepanjang sejarah, dikenal di berbagai suku bangsa di dunia. Hanya saja saat ini sejarah yang "dibikin ngtren" adalah tokoh2 barat (maklum laa kita negri jajahan belanda, plus adi kuasa saat ini kan pewaris bangsa roma alias Amrik).

Nyok... kita kenalan sama Bapak2 kita yang hebat2, salah satunya Ibnu Batuttah...



Ibnu Batutah yang nama aslinya adalah Muhammad bin Abdullah bin Muhammad bin Ibrahim at-Tanji dan bergelar Syamudin bin Battutah. Beliau sangat menyukai dunia penjelajahan, mengenal berbagai budaya di dunia, juga sebagai media dakwah islam pada masa itu.

Ibn Batuttah lahir pada 25 Februari 1304 di kota Tanger, Maroko. Beliau memulai perjalanannya pada usia 21 tahun ( wow... masih muda ya..) pertama-tama di awali dengan berhaji ke baitullah , kemudian dilanjutkan ke mesir untuk perjalanan selanjutnya.

Berbeda dengan Colombus, ibnu battutah adalah seorang sastrawan puisi, teologis, dan cendekiawan. Wah dari latar belakang pun dah beda jauh ya... Ibnu Battutah lebih condong pada tujuan "mentafakuri ayat2 Allah" sedngkan Colombus?? --> ga jauh dari GOLD, GOSPEL, GLORY
Saking kuat naluri "sang penjelajah" itu, beliau memutuskan untuk melalui jalan yang berbeda dengan yang sudah pernah dilaluinya.

beliau menulis dalam buku catatan perjalanannya yang berjudul "rihlah"
Aku tinggalkan Tangier, kampung halamanku, pada Khamis 2 Rajab 725 H/ 14 Jun 1325 M. Saat itu usiaku baru 21 tahun empat bulan. Tujuanku adalah menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci di Makkah dan berziarah ke makam Rasulullah SAW di Madinah.’
di situlah detik2 dimulainya perjalanan beliau

dan yang di muat oleh republika:

"Selama hampir 30 tahun, dia telah mengunjungi tiga benua mulai dari Afrika Utara, Afrika Barat, Eropa Selatan, Eropa Timur, Timur Tengah, India, Asia Tengah, Asia Tenggara, dan Cina. Perjalanan panjang dan pengembaraannya mengelilingi dunia itu mencapai 73 ribu mil atau sejauh 117 ribu kilometer. Tak heran, bila kehebatannya mampu melampaui sejumlah penjelajah Eropa yang diagung-agungkan Barat seperti Christopher Columbus, Vasco de Gama, dan Magellan yang mulai berlayar 125 tahun setelah Ibnu Batutah.

Sejarawan Barat, George Sarton, mencatat jarak perjalanan yang ditempuh Ibnu Batutah melebihi pencapaian Marco Polo. Tak heran, bila Sarton geleng-geleng kepala dan mengkagumi ketangguhan seorang Ibnu Batutah yang mampu mengarungi lautan dan menjelajahi daratan sepanjang 73 ribu mil itu. Sebuah pencapaian yang tak ada duanya di masa itu."

wah... banyak banget yak... terlalu panjang mungkin kalau seluruh catatan perjalanan beliau dibahas...

yang jelas beliaupun pernah mengunjungi kepulauan Indonesia, yaitu Aceh, yang saat itu adalah kerajaan samudra pasai yang dipimpin oleh Sultan mahmud Malik Al-zahir. Beliau disambut oleh pemimpin Daulasah, Qadi Syarif Amir Sayyir al-Syirazi, Tajudin al-Ashbahani dan ahli fiqih kesultanan. Menurut Ibnu Batutah, masa itu Samudera Pasai telah menjelma sebagai pusat studi Islam di Asia Tenggara.

berikut penuturan Ibnu Batuttah tentang Indonesia:

"‘Negeri yang hijau dengan kota pelabuhannya yang besar dan indah.’"

Sultan Mahmud Malik Al-Zahir adalah seorang pemimpin yang sangat mengkedepankan hukum Islam. Peribadinya sangat rendah hati. Ia berangkat ke masjid untuk sholat Jumaat dengan berjalan kaki. Selesai sholat, sultan dan rombongan biasa berkeliling kota untuk melihat keadaan rakyatnya.”


Menurut Ibnu Battutah, penguasa Samudera Pasai itu memiliki ghirah belajar yang tinggi untuk menuntut ilmu-ilmu Islam kepada ulama. Beliau juga mencatat, pusat studi Islam yang dibangun di lingkungan kerajaan menjadi tempat diskusi antara ulama dan elit kerajaan. Selama berpetualang mengelilingi dunia dan menjejakkan kakinya di 44 negara, dalam kitab yang berjudul ‘Tuhfat al-Nazhar’, Ibnu Battutah telah bertemu dengan tujuh raja yang memiliki kelebihan yang luar biasa.

Ketujuh raja yang dikagumi Ibnu Battutah itu antara lain..

i...Raja Iraq yang dinilainya berbudi bahasa;
ii..Raja Hindustani yang disebutnya sangat ramah;
iii.Raja Yaman yang dianggapnya berakhlak mulia;
iv.Raja Turki dikaguminya kerana gagah perkasa;
v..Raja Romawi yang sangat pemaaf;
vi.Raja Melayu Malik Al-Zahir yang dinilainya berilmu pengetahuan luas dan mendalam.
vii.Raja Turkistan.

Beliau mengakhiri catatan perjalanannya dengan sebuah kalimat, ''Akhirnya aku sampai juga di kota Fez (Moroko).'' Di situ beliau menuliskan hasil pengembaraannya, dan meninggal dunia di Maroko pada pada tahun 1377 M. Ibnu Battutah telah memberitahu bahawa pada abad pertengahan, peradaban telah tumbuh dan berkembang di bumi Nusantara, sejajar dengan raja-raja lain di dunia.

begitulah Alqua'an menjelaskan pada manusia supaya kita menjelajah ke muka bumi dan mentafakuri ayat-ayatnya, yang dikutip pada surat Ar- Ruum ayat 9

óOs9urr& (#r玍šo Îû ÇÚöF{$# (#rãÝàYusù y#øx. tb%x. èpt7É)»tã tûïÏ%©!$# `ÏB öNÎgÎ=ö6s% 4 (#þqçR%Ÿ2 £x©r& öNåk÷]ÏB Zo§qè% (#râ$rOr&ur uÚöF{$# !$ydrãuHxåur uŽsYò2r& $£JÏB $ydrãuHxå ÷Làiø?uä!%y`ur Nßgè=ßâ ÏM»uZÉit7ø9$$Î/ ( $yJsù šc%x. ª!$# öNßgyJÎ=ôàuÏ9 `Å3»s9ur (#þqçR%x. öNåk|¦àÿRr& tbqßJÎ=ôàtƒ ÇÒÈ  

"Dan Apakah mereka tidak Mengadakan perjalanan di muka bumi dan memperhatikan bagaimana akibat (yang diderita) oleh orang-orang sebelum mereka? orang-orang itu adalah lebihkuat dari mereka (sendiri) dan telah mengolah bumi (tanah) serta memakmurkannya lebih banyak dari apa yang telah mereka makmurkan. dan telah datang kepada mereka Rasul-rasul mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata. Maka Allah sekali-kali tidak Berlaku zalim kepada mereka, akan tetapi merekalah yang Berlaku zalim kepada diri sendiri."


wah... subhanallah ya... hebatnya tokoh2 muslim... ^^

..:: dari berbagai sumber

4 komentar:

  1. wah keren sekali mbak yg satu nice nice yah petulangannya ibnu batutah idola saya juga nih mantap dah :) thx postnya mbak

    BalasHapus
  2. subhanallah,.. luar biasa petualangannya....!!

    BalasHapus
  3. Izin copas ya kak buat bahan ebook,

    Untuk lihat ebook jadinya silahkan kunjungi blog saya,

    http://sphebook.blogspot.com

    BalasHapus